Perkembangan Fitur di Instagram Dari Feed Hingga Reels

Admin • 20 November 2021
Perkembangan Fitur di Instagram Dari Feed Hingga Reels

Pertama kali Intagram di luncurkan pada tahun 2010, ada yang masih ingat apa fitur pertama kali yang disediakan oleh instagram?

Ketika baru pertama kali diluncurkan, Instagram hanya berfokus pada satu fitur saja yaitu format photo 1:1.

Lalu apalagi ya perkembangan fitur-fitur di Instagaram dari tahun ketahun.

 

Video Feed (2013)

3 tahun setelah peluncuran pertamanya, instagram baru melakukan inovasi terbaru. Yaitu user bisa meng-upload post dalam bentuk video dengan rasio 1:1

Saat itu format video dan photo baru bisa berbentuk square, dan belum bisa upload multiple post seperti sekarang.

 

Instagram Stories (2016)

Masih ingat kemunculan aplikasi Snapchat? pada tahun 2016 Instagram berinovasi dengan memunculkan fitur baru yaitu Instagram story dan menjadi saingan Snapchat.

Tujuan dari pembuatan fitur reels agar orang dapat menonton video dengan lebih mudah dan cepat. User dapat membagikan momen secara real time pada saat itu.

Kemudian fitur ini juga di lengkapi dengan sticker, location, gif. Lalu seiring dengan berjalannya waktu ada penambahan lain seperti yang sekarang kita nikmati, yaitu music, link, polling, quiz dan lain lain. Sehingga menjadi lebih interaktif.

 

IGTV (2018)

Kemudian instagram mengembangkan fitur selanjutnya yaitu Instagram TV, fitur ini dikembangkan agar user dapat melihat konten video dengan durasi yang lebih lama.

Sejak kemunculan instagram story, makin banyak video vertikal yang beredar di platform lain.

Hal itu yang membuat instagram mengembangkan Instagram TV dengan durasi yang lebih panjang.

 

Reels (2020)

Kalau sebelumnya kemunculan instagram stories didahului oleh aplikasi Snapchat. Kini fitur reels mengadaptasi dari aplikasi berbasis video pendek yaitu Tiktok.

Di fitur ini user bisa menampilkan video dengan durasi yang lebih pendek, dengan menambahkan music dan trim video langsung di aplikasi tanpa membutuhkan aplikasi edit video lagi.

 


Tak terasa sudah 1 dekade instagram menemani perjalan kita dalam bersosial media. Ada yang pernah memakai Instagram sejak pertama kali diluncurkan? 

Ternyata banyak ya perubahan dan inovasi fitur-fitur baru dalam aplikasi Instagram.