Twitter, TikTok, Youtube dan Instagram Menjadi Sumber Berita Warganet

Admin • 15 November 2021
Twitter, TikTok, Youtube dan Instagram Menjadi Sumber Berita Warganet

Dulu jika melihat 10-15 tahun kebelakang Sosial Media belum terlalu berkembang menjadi perantara berita untuk masyarakat.

Apalagi saat itu kita tahu untuk mendapatkan berita cukup dengan menonton siara di televisi, koran dan lewat portal berita online.

Namun rasanya hal tersebut sudah tidak dilakukan oleh geenrasi saat ini. Hanya segelintir orang yang masih membaca atau menonton berita dengan cara seperti itu.

Ternyata memang ada penelitiannya nih. Pew Research, lembaga penelitian dari Amerika melakukan riset terhadap 11.000 orang dewasa pada bulan Julu-Agustus dan mendapatkan hasil 48 persen respondennya mengaku membaca berita melalui Sosial media, diantaranya:

  1. Facebook
  2. Youtube
  3. Twitter
  4. Instagram
  5. Reddit
  6. TikTok
  7. Linkedin
  8. Snapchat
  9. WhatsApp
  10. Twitch

Melihat Berita Melalui Hastag Tranding Topic Twitter

Yang kita ketahui, berita bukan hanya seputar ekonomi, politik, kriminal. Dengan hastag trending topic di Twitter terkadang warganet bisa mendapat informasi lebih dari itu. 

Terkadang berita Artis terbaru, skandal, bahkan sampai berita hoax pun bisa tersebar dengan cepat.

Di TikTok Bukan Hanya Joget-Joget

Media sosial satu ini terkenal dengan platform untuk joget-joget, namun nyatanya tidak, lho.

Kamu juga bisa mendaptkan berita ter-up-to-date melalu sosial media satu ini.

Apalagi jika berita tersebut menyangkut skandal dan permasalahan artis atau influencer.

Selain itu TikTok juga benar di manfaatkan oleh beberapa portal berita diantaranya Beritasatu, Detikcom, Kompascom, dan lain-lain.

Youtube Lebih dari Tv Boom

Pernah mendengar slogan tersebut yang popular beberapa tahun lalu. Kalau kita rasakan memang benar seperti itu, pelan-pelan masyarakat jadi meninggalkan televisi.

Hal itu bisa terlihat dari beberapa stasiun Tv yang juga memiliki kanal di Youtube.

Dari youtube kamu bisa mengaskses berita dengan sangat mudah. Beberapa kanal berita yang bisa kamu akses di youtube salah satunya adalah narasi Tv.

Ingat ya berita bukan hanya seputar politik dan ekonomi saja. Tetapi definisi berita itu sendiri adalah peristiwa atau cerita mengenai kejadian yang sedang hangat.

Kamu juga bisa mendapatkan berita dari kanal podcastnya Deddy Corbuzier.

Semenjak covid, Youtube Indonesia bahkan selalu  menampilkan berita terbaru seputar covid di laman berandanya, lho.

Di Instagram Bukan Hanya Sekedar Endorse

Jika kamu mendengar kata endorse, hal tersebut sangat melekat pada platform satu ini.

Instagram nyatanya sekarang bukan hanya menjadi lahan selebgram dan online shop untuk melakukan kegiatan endorse dan promosi.

Kalau kamu tinggal di ibukota Indonesia pasti tidak asing lagi dengan akun jktinfo.

Contohnya akun jktinfo yang menjadi pembawa kabar realtime yang sedang terjadi di Jakarta seperti kemacetan, banjir, kebakaran dan lain-lain.

Atau kalau kamu sangat mengikuti kabar terbaru dari selebriti di Indonesia sudah tidak asing lagi dengan akun dari lambeturah?

Benar sekali, akun tersebut merupakan contoh dari akun pembawa berita yang ada di Instagram. Tetapi masih banyak lagi akun berita lainnya dengan ranah yang berbeda.


Semakin banyak informasi tentunya semakin baik untuk kita menjadi tahu kabar terbaru, tetapi setiap informasi patutnya kamu konfirmasi kebenarannya dan jangan pernah telan mentah-mentah agar menjadi warganet yang bijak nih. Jangan sampai kamu termakan hoax karena kemudahan mendapat informasi di jaman sekarang.