Tren Instagram yang Akan Naik di Tahun 2022

Menyambut tahun 2022 yang tinggal hitungan jari, siap siap yuk untuk kamu yang rajin buat konten di Instagram entah itu untuk branding diri sendiri atau branding produk yang kamu jual.
Berikut adalah tren Instagram yang akan naik di tahun 2022 yang telah dirangkum dari hubspot dan info resmi dari Instagram.
Live Commerce
Fitur ini sudah dikembangkan duluan oleh aplikasi Tiktok, ternyata Instagram juga akan mengikuti tren jualan 'Live'.
Dalam Live Commerce kamu bisa langsung menjual produkmu dan pembeli bisa langsung checkout produk tersebut langsung dari instagram tanpa harus kirim format order lewat DM lagi.
Fitur ini berbeda dengan fitur live yang kini memang sudah ada di aplikasi instagram. Fitur live hanya sebatas melakukan rekaman video dengan real time.
Live Commerce akan memudahkan kamu untuk berjualan live tanpa melakukan rekapan dan admin lagi untuk membalas chat pesanan dari customer.
Search Ranking
Kalau kamu familiar dan suka perhatiin search box nya Youtube, maka Instagram sedang fokus untuk mengembangkan search box seperti itu.
Ternyata hal ini sudah lama diagendakan oleh Instagram, pencarian kedepannya akan ada kemungkinan semakin mirip dengan Youtube/Google.

Artinya konten yang memiliki kata kunci dan market tertentu akan semakin mudah untuk ditemukan.
Nano-Micro Influencer
Sekarang jumlah followers bukan lagi hal utama yang diperhatikan suatu brand yang ingin endorse influencer.
Kalau kamu memiliki kedekatan dengan audiens (engagement) dan kemampuan mu menarik mereka untuk membeli suatu produk (buying power) maka brand akan tertarik untuk mengajak kerja sama.
Apa itu Nano-Micro? Berikut adalah kategori berdasarkan jumlah followers yang kamu punya:
- Nano = 1000 - 10.000 followers
- Micro = 10.000 - 50.000 followers
- Mid-Tier = 50.000 - 500.000 followers
- Macro = 500.000 - 1.000.000 followers
- Mega = >1.000.000 followers
Tak heran kalau kamu lihat ada influencer yang memiliki followers kurang dari 10.000 tetapi sudah di endorse oleh brand besar, tandanya orang tersebut memiliki engagement yang sangat kuat.
Bonuses
Kabar baik nih buat konten kreator, karena di tahun 2022 Instagram akan rilis Reels Bonus yang akan kasih kamu uang berdasarkan performa dari Reels yang kamu buat.
Selain dapet bonus, kalau kamu kreatif membuat reels maka kamu akan semakin di lirik oleh brand-brand lho. Tahun depan instagram akan fokus ke fitur Reels jadi manfaatkan kesempatan ini untuk berkarya sekaligus mendapatkan cuan dari Reels ya.
Itu dia empat tren yang akan hadir di Instagram tahun depan, salah satunya bisa mendapatkan cuan hanya dengan rajin bikin konten di Reels. Jadi makin semangat berkarya ya.