Tren Pekerjaan Online Tanpa Modal dengan Untung Menjanjikan

2020-02-06 05:08:44 - Blog

Pekerjaan online tanpa modal barangkali terasa sangat mustahil jika Anda membayangkannya 10 tahun yang lalu. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, bekerja secara online saat ini telah berkembang jadi pilihan profesi yang menjanjikan, terutama bagi mereka yang ingin bekerja dengan lebih fleksibel kapan saja dan di mana saja tanpa terikat aturan kantor.

Dan dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, terutama internet, bekerja secara online bahkan tidak lagi menuntut modal yang begitu besar. Malah, saking rendahnya modal yang dibutuhkan, tak jarang orang-orang menganggapnya sebagai peluang bisnis online tanpa modal. Sebab, biaya yang ditekan sedemikian rupa membuat para pelaku usaha online merasa tidak mengeluarkan biaya besar seperti yang dibayangkan sebelumnya untuk bisa memulai dan menjalankan bisnis sendiri.

Di samping itu, berbagai jenis usaha dengan modal kecil yang bisa dijalankan secara online juga berarti fleksibilitas tinggi dalam memilih perangkat apa yang digunakan untuk menjalankan usahanya. Biasanya, Anda hanya perlu menggunakan laptop atau komputer yang terhubung dengan jaringan internet. Akan tetapi, perkembangan dunia bisnis online juga membuka peluang untuk kerja lewat HP tanpa modal yang pastinya jauh lebih praktis.

Faktor lain yang membuat peluang pekerjaan online tanpa modal makin menggiurkan adalah kebebasannya para pelaku usahanya. Artinya, siapa saja bisa menjalankan usaha online, baik itu usaha yang menawarkan produk barang maupun jasa. Berbeda dengan pekerjaan kantoran, memiliki bisnis online tidak mengharuskan Anda untuk jadi lulusan SMA, S1, S2, atau S3, dan tidak memandang latar belakang jurusan Anda saat kuliah. 

Jadi, siapa bilang punya bisnis hanya boleh ditujukan untuk mereka yang lulus dari fakultas ekonomi atau belajar manajemen di bangku kuliah? Pria maupun wanita, tua atau muda, sudah lulus kuliah atau malah masih di bangku SMA, semuanya bisa kok cari usaha tanpa modal besar secara online!

Ide Bisnis Online Tanpa Modal Besar

Saat ini, Anda bisa pilih berbagai jenis pekerjaan atau usaha online yang bisa Anda mulai. Untuk menentukan pilihan, Anda bisa pertimbangkan berbagai faktor. Misalnya minat dan bakat Anda. Contohnya, Anda yang suka dan jago menulis artikel bisa mempertimbangkan profesi sebagai penulis lepas atau freelance writer sebagai opsi usaha tanpa modal uang Anda.

Hal yang sama juga bisa Anda lakukan kalau keahlian yang Anda miliki adalah di bidang desain grafis atau bahasa asing. Anda bisa menawarkan keahlian Anda dalam mendesain kaos, poster, atau kemasan makanan, sesuai dengan permintaan klien. Dan untuk Anda yang jago berbahasa asing, Anda bisa pertimbangkan profesi sebagai penerjemah lepas untuk artikel atau bacaan bahasa asing untuk diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, atau sebaliknya.

Selain jasa, Anda juga bisa pertimbangkan bisnis berjualan secara online. Apalagi, ada banyak barang yang bisa Anda jual secara online dan proses penjualannya sendiri dipermudah dengan makin banyaknya marketplace atau bahkan jasa pembuatan website e-commerce yang berkualitas dan terjangkau. Anda tinggal pilih opsi mana yang paling pas dengan kebutuhan dan budget Anda.

Berjualan secara online tak harus berarti Anda menjual produk yang Anda produksi sendiri, kok. Soalnya, Anda juga bisa menjadi reseller, yang berarti menjual produk milik orang lain dengan harga reseller yang pasti lebih murah. Dengan begitu, produk bisa Anda jual sesuai harga pasaran atau harga yang Anda inginkan, dan selisihnya menjadi keuntungan Anda.

Merasa bisnis jadi reseller masih terlalu mahal? Kalau iya, Anda tak perlu cemas karena masih ada opsi lain untuk berjualan secara online yang jauh lebih murah, bahkan terasa seolah tanpa modal. Caranya adalah dengan menjadi dropshipper, misalnya dropship baju murah tanpa modal.

Dengan metode drop ship, Anda tetap bisa punya toko sendiri dan menerima pembayaran langsung dari pembeli. Akan tetapi, pengiriman barang akan dilakukan langsung oleh supplier atau pabrik, sehingga Anda tidak perlu membeli stok barang dulu di awal, yang biasanya menuntut modal dalam jumlah yang cukup besar.

Nantinya, pembayaran yang Anda terima dari pembeli akan diteruskan sebagian ke supplier sesuai dengan harga barang yang telah ditetapkan. Sementara itu, selisihnya bisa langsung jadi keuntungan Anda. Dengan cara memulai bisnis tanpa modal seperti ini, Anda bahkan bisa langsung mendapatkan untung tanpa harus keluar uang untuk beli stok barang, kan?

Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan

Apapun ide bisnis atau pekerjaan online tanpa modal yang Anda pilih, tentu Anda ingin agar usaha yang Anda jalankan memberikan hasil berupa keuntungan yang memuaskan. Anda bisa mendapatkan berbagai tips dan metode yang sistematis untuk memulai usaha online yang menguntungkan lewat kelas bisnis online terpercaya tanpa modal yang tersedia. Apalagi, ada juga opsi belajar bisnis online bagi pemula yang dapat Anda pilih apabila Anda belum merasa cukup berpengalaman.

Meski demikian, untuk memulai bisnis maupun pekerjaan online tanpa modal yang menguntungkan, ada beberapa langkah krusial yang perlu Anda lakukan.

1. Temukan niche

Langkah ini perlu dilakukan bahkan sebelum Anda memutuskan apa jenis produk jasa atau barang yang ingin Anda jual. Sebab, dengan mengetahui niche atau target pasar spesifik, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan jelas soal peluang hingga tantangan yang dihadapi. Contohnya, daripada hanya berjualan baju, Anda bisa pilih niche yang lebih spesifik seperti baju wanita big size atau baju olahraga pria.

2. Evaluasi kelayakan pasar

Begitu Anda punya ide bisnis, gali lebih dalam potensi keuntungan dan kelayakan produk yang akan ditawarkan. Contohnya detail-detail seperti pada produk (misalnya warna, ukuran kemasan, dan sebagainya), berat barang, dan sebagainya.

3. Riset pasar

Ketahui dan pahami apa yang jadi tren di pasar, serta apa yang sebenarnya menjadi kebutuhan atau permasalahan di tengah masyarakat dan bisa diatasi oleh bisnis Anda.

4. Analisis persaingan

Di dalam pasar yang Anda masuki, pasti ada pesaing atau kompetitor yang sudah hadir lebih dulu. Dalam bisnis, persaingan tidak perlu dipandang sebagai sesuatu yang negatif – justru Anda bisa mendapatkan banyak peluang menguntungkan dari kompetitor Anda. Contohnya apa yang bisa Anda tawarkan lebih dibandingkan kompetitor.

5. Pelajari aturan bisnis online

Agar bisnis Anda tidak menghadapi masalah, terutama dari aspek hukum, pelajari dan pahami apa saja aturan yang perlu Anda ikuti sebelum Anda terkena imbasnya karena ketidakpedulian terhadap aturan.

6. Analisis target pasar

Di tahap ini, Anda perlu menggali lebih dalam untuk memahami target pasar yang lebih spesifik – siapa pembeli produk Anda? Apa yang mereka suka? Apa yang dapat Anda lakukan pada produk maupun pengalaman berbelanja agar semakin memuaskan pembeli?

7. Stok produk

Begitu Anda tahu produk yang perlu dijual, siapa pelanggan Anda, dan bagaimana bisnis dapat dijalankan, sekarang saatnya untuk membeli persediaan barang dalam kualitas yang baik, jumlah yang sesuai dengan kebutuhan, dan tepat pada waktunya.

8. Bangun toko

Semua langkah di atas tidak akan berguna kalau Anda tidak punya toko online untuk berjualan. Anda bisa bebas pilih berjualan secara online lewat marketplace, media sosial, atau membangun website e-commerce sendiri, sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

9. Jadilah produktif

Perbedaan antara bisnis yang sekadar berjalan dengan bisnis yang sukses terletak pada bagaimana Anda mengelola waktu. Apalagi jika Anda memilih cara berjualan online tanpa modal sebagai usaha sampingan di luar aktivitas kantor. 

Itulah beberapa hal tentang pekerjaan online tanpa modal yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas bermanfaat!